Pada hakikatnya kesulitan dalam belajar adalah kesulitan yang dialami siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Indikasi kesulitan tersebut tercermin pada perolehan nilai evaluasi yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Penyebab kesulitan dalam belajar ini beraneka ragam. Hal ini disebabkan oleh perbedaan cara dan analisis yang dilakukan oleh guru terhadap pembelajaran yang dilaksanakannya. Namun demikian, secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua faktor yaitu eksternal dan internal siswa.
Struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang kaya dan padat materi, memiliki andil dalam membuat kesulitan belajar. Siswa mengalami kesulitan dalam menguasai kompetensi tertentu setelah mengalami proses pembelajaran. Materi pelajaran terlalu luas dan padat sementara alokasi waktu yang disediakan terbatas. Alhasil guru menyampaikan materi pelajaran secara cepat demi mengejar alokasi waktu.
Selain faktor eksternal di atas, strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan guru juga menyebabkan kesulitan dalam belajar. Materi pelajaran yang bersifat abstrak dan semestinya diajarkan dengan metode eksperimen serta menggunakan media, terpaksa dijalankan dengan metode yang lebih intans. Kondisi seperti ini dialami oleh sekolah yang memiliki keterbatasan sarana dan prasarana belajar.
Penyebab kesulitan dalam belajar ini beraneka ragam. Hal ini disebabkan oleh perbedaan cara dan analisis yang dilakukan oleh guru terhadap pembelajaran yang dilaksanakannya. Namun demikian, secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua faktor yaitu eksternal dan internal siswa.
Struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang kaya dan padat materi, memiliki andil dalam membuat kesulitan belajar. Siswa mengalami kesulitan dalam menguasai kompetensi tertentu setelah mengalami proses pembelajaran. Materi pelajaran terlalu luas dan padat sementara alokasi waktu yang disediakan terbatas. Alhasil guru menyampaikan materi pelajaran secara cepat demi mengejar alokasi waktu.
Selain faktor eksternal di atas, strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan guru juga menyebabkan kesulitan dalam belajar. Materi pelajaran yang bersifat abstrak dan semestinya diajarkan dengan metode eksperimen serta menggunakan media, terpaksa dijalankan dengan metode yang lebih intans. Kondisi seperti ini dialami oleh sekolah yang memiliki keterbatasan sarana dan prasarana belajar.
Faktor internal penyebab kesulitan dalam belajar umumnya berasal dari kondisi fisik dan mental (psikis) siswa. Kondisi fisik yang mempengaruhi antara lain kesehatan badan, kelainan pada penglihatan dan pendengaran. Sementara itu kondisi mental yang berpengaruh adalah intelegensi, kadar konsentrasi, dan permasalahan yang membelit siswa.***
especially SDN 007 karna yang akan membimbing adalah Guru nya langsung
Especially tuk anak SMPN 3 Batam
Bimbel IPS dan TIk ini akan membahas latihan soal sehingga dapat kemudahan dalam pelajaran IPS & TIK tentunya....
Double but just pay one :)